Selamat Datang PWA

Segera adopsi PWA untuk proyek masa depan apabila ingin terus berkompetisi dengan pesaing.

Kita di zaman smartphone yang secara resmi melampaui jumlah penggunaan desktop. Pengembang tak berhenti menciptakan alat-alat baru agar kenyamanan browsing melalui smartphone semakin baik.

Hukum pasar sederhana; “jika ingin berkompetisi, maka harus jadi yang terbaik”. Pesaing mengadopsi PWA maka Anda juga harus mengikutinya karena jika tidak kelanjutan bisnis terancam. Pengguna tidak ingin lagi menunggu halaman web dimuat dengan cara tradisional.

Apabila Anda adalah penyedia jasa pengembangan website mulai sekarang pelajari PWA seperti yang saya lakukan. Silahkan pilih salah satu antara React JS, Angular, Vue.js dan banyak lagi.

Apa itu PWA?

PWA singkatan dari Progressive Web Apps adalah perpaduan kemampuan terbaik dari aplikasi mobile dan website. Berwujud seperti aplikasi namun berjalan dalam web browser. Pengembang bisa menambahkan push notifikasi, geolokasi dan banyak lagi.

Apakah situs mobile dan responsive masih berkembang?

Saat ini masih tetapi tidak dalam waktu lama. Jika ingin bertahan dalam jangka panjang cara terbaik adalah mengikuti standar baru situs mobile yakni PWA. Beberapa alasan kenapa perlu mengadopsi PWA untuk proyek masa depan:

  1. Mudah digunakan dan ringan.
  2. Meningkatkan keterlibatan karena PWA dapat di install layaknya aplikasi mobile.
  3. Waktu pemuatan rata-rata hanya 1 detik.
  4. Terintegrasi dengan fitur smartphone seperti push notifikasi, penanda lokasi, dan lainnya.
  5. Lebih aman karena wajib menggunakan HTTPS.
  6. Dapat dibuka walaupun sedang offline.

PWA lawan Aplikasi Mobile

Jangan fokus pada “mana yang terbaik” tetapi rubah pola pikir tersebut menjadi “mana yang paling sesuai kebutuhan”. Misalnya, aplikasi mobile sangat baik digunakan apabila memanfaatkan hardware perangkat seperti kamera, dan sebagainya. Namun cenderung berukuran besar sehingga menguras ruang penyimpanan.

Sebaliknya PWA dapat dijalankan tanpa di download. Artinya tidak menghabiskan memori, namun kurang bagus apabila memanfaatkan hardware perangkat.

  1. Biaya membuat PWA lebih murah dan cepat ketimbang aplikasi mobile.
  2. Satu kali buat untuk semua platform (Android, iOS, Windows, dll).
  3. Ada URL nya sehingga konten didalam PWA lebih mudah dibagikan.

Kesimpulan

Tren terus bergerak jika ingin bertahan harus mengadopsi teknologi baru. Membuat PWA tidak membutuhkan waktu lama serta biayanya murah. Lalu apa pilihan Anda?